Wednesday 1 June 2016

RPP Atletik (jalan cepat)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Satuan Pendidikan        :-
   Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester               : XII / 1 (Ganjil )
Peminatan                      : IPA/IPS
Materi Pokok                 : Atletik (Jalan Cepat)
Alokasi Waktu               : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A.  Kompetensi Inti :
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
                                         
B.  Kompetensi Dasar :               
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2    Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, oranglain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4    Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5    Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7    Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
     3.3  Menganalisis, merancang, dan mengevaluasi taktik dan strategi dalam simulasi
perlombaan salah satu nomor atletik (jalancepat) yang disusun sesuai peraturan.
4.3  Memperagakan dan mengevaluasi taktik dan strategi dalam perlombaan salah satu
nomor atletik (jalancepat) dengan peraturan terstandar.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.         Berdoa sebelum memulai pembelajaran
2.         Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran permainan aktivitas atletik (jalancepat).
3.         Menunjukkan perilaku santun dan toleransi selama aktivitas atletik (jalancepat).
4.         Menganalisis taktik dan strategi perlombaan jalan cepat dengan benar.
5.         Merancang taktik dan strategi perlombaan jalan cepat dengan sistematis.
6.         Mengevaluasi taktik dan strategi perlombaan jalan cepat dengan kriteria-kriteria yang sesuai.
7.         Mempraktikan perbaikan taktik dan strategi perlombaan jalan cepat sesuai dengan kriteria-kriteria yang benar.

D.  Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, pesertadidik diharapkan mampu :
1.        Memiliki kesadaran tentang arti  penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.        Menunjukkan perilaku bertanggung jawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran permainan aktivitas atletik (jalancepat).
3.        Menunjukkan perilaku santun dan toleransi selama aktivitas atletik (jalancepat).
4.        Menganalisis taktik dan strategi perlombaan jalan cepat dengan benar.
5.        Merancang taktik dan strategi perlombaan jalan cepat dengan sistematis.
6.        Mengevaluasi taktik dan strategi perlombaan jalan cepat dengan kriteria-kriteria yang sesuai.
7.        Mempraktikan perbaikan taktik dan strategi perlombaan jalan cepat sesuai dengan kriteria-kriteria yang benar.

E.       MateriPembelajaran :
Atletik (Jalan Cepat)
Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Saat melangkah satu kaki harus berada di tanah, maka kaki tersebut harus lurus/ lutut tidak bengkok dan tumpuan kaki dalam keadaan posisi tegak lurus.
Teknik Dasar jalan cepat dibagi menjadi 5 bagian yaitu : start, langkah kaki,  kecondongan badan, ayunan lengan dan finish, untuk penjelasannya dari 5 kategori teknik dasar jalan cepat adalah sebagai berikut :
a)      Start
Startnya menggunakan start berdiri, karena start dalam jalan cepat tidak mempunyai pengaruh yang berarti, maka tidak perlu ada teknik khusus yang perlu dipelajari atau dilatih. Sikap start yang lazim digunakan ada pada abaaba “Bersedia” murid/anak-anak menempatkan kaki kiri di belakang garis start, sedang kaki kanan di samping belakang kaki kiri, dengan badan agak condong ke depan dan kedua lengan rileks. Pada aba-aba “Ya” atau bunyi tembakan pistol,
b)      Langkah
Langkah dimulai dengan gerakan mengangkat paha kaki ayun ke depan lutut, terlihat tungkai bawah bergantung lemas, karena ayunan paha ke depan, tungkai bawah ikut terayun ke depan, menyebabkan lutut menjadi lurus. Kemudian menapak pada tumit terlebih dahulu menyentuh tanah, bersamaan dengan mengangkat tumit, selanjutnya ujung kaki tumpu lepas dari tanah, ganti dengan kaki ayun. Begitu seterusnya selalu ada kaki yang menumpu, jadi tidak ada saat melayang.
c)      Condong Badan
Mulai dari kepala, punggung/dada, pinggang sampai tungkai bawah sedikit condong ke depan.
d)     Ayunan Lengan
Siku di tekuk kurang lebih 90 derajat, ayunan lengan kiri ke depan bersamaan dengan mengangkat paha dan kaki kanan, sehingga koordinasinya adalah lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan, dan lengan kanan bersamaan dengan kaki kiri.
e)      Finish
Tidak ada teknik khusus gerakan masuk finish dalam jalan cepat. Biasanya jalan terus sampai melewati garis finish, baru dikendorkan kecepatannya setelah melewati kira-kira tiga sampai lima meter.
Untuk memperoleh langkah-langkah yang benar, maka pemindahan badan dan kaki satu ke kaki yang lain harus nampak jelas, ini kelihatan pada gerak panggul. Gerakan ini perlu dilatih agar terbiasa melakukan teknik gerakan jalan cepat yang benar.
Untuk memperoleh langkah-langkah yang benar, maka pemindahan badan dan kaki satu ke kaki yang lain harus nampak jelas, ini kelihatan pada gerak panggul. Gerakan ini perlu dilatih agar serasi, lancar, dan tidak cepat lelah. Jadi sikap dan gerakan jalan cepat adalah badan dalam posisi tegak, pandangan lurus ke depan, siku ditekuk, tangan dikepalkan dengan rileks.

Praturan Jalan Cepat
Adapun pokok-pokok peraturan jalan cepat adalah sebagai berikut: 
1. Pada waktu melangkah salah satu kaki harus selalu tetap kontak dengan tanah.
2. Diskualifikasi (larangan untuk berlomba/melanjutkan perlombaan), disebabkan oleh:
- Gagal atau tidak memenuhi definisi jalan cepat pada waktu perlombaan.
- Melakukan pelanggaran pada saat perlombaan berlangsung
- Pada lomba jalan cepat yang dilaksanakan di track (lintasan) peserta yang terkena diskualifikasi harus meninggalkan lintasan. Jika perlombaan jalan cepat dilaksanakan di jalan raya peserta yang kena diskualifikasi harus mencopot no dadanya dan segera keluar meninggalkan perlombaan.

F.       MetodePembelajaran.
1.      Pendekatan  :    saintifik (scientific)
2.      Metode         :    Praktik, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

G.      Kegiatan Pembelajaran.
Kegiatan
Diskripsi
Waktu
Pendahuluan
·      Membariskan dan menghitung peserta didik
·      Berdoa
·      Mengabsen peserta didik
·      Memberi penjelasan akan materi yang akan dipelajari kepada peserta didik.
·      Melakukan pemanasan / warming up : (stretching dan permainan)
20 menit
INTI
·      Permainan Kelompok Angka
-     Dilakukan dengan siswa berbaris dan berlari kecil mengelilingi lapangan
-     Kemudian disaat guru menyebutkan angka siswa harus mengelompok sesuai angka
·      Jaring ikan
-       Memilih acak siswa untuk menjadi jaring pertama yang kemudian mencari ikan untuk dijadikan jaring
-       Sedangkan siswa yang lainnya berlari untuk menghindari jaring.
·      Pembekalan materi
-       Materi diberikan pada peserta didik dengan peserta didik dibariskan menjadi 4 shaf
-       Pemberian demonstrasi oleh guru
·      Latihan 1
-     Peserta didik dibariskan menjadi 2 shaf dengan jarak 5 meter
-     Saling berhadapan
-     Melakukan gerak jalan cepat dimulai dari kelompok A dan dilanjutkan dengan kelompok B
-     Masing-masing mengamati pasangannya dan dievaluasi.
·      Latihan 2
-     Peserta didik tetap berbaris 2 shaf, kemudian dibariskan menjadi 2 banjar (kanan-kiri atau pasangan)
-     Melakukan posisi jalan cepat ke arah cone yg disediakan dengan pasangan dan saling mengamati
-     Jarak sekitar 20 meter atau memutari lapangan bola basket yang ada garis tepi.
·      Latihan 3
-     Peserta didik membentuk barisan 4 shaf
-     Melakukan jalan cepat memutari cone dengan jarak 20 meter
-     Bergantian tiap orang dalam kelompok
·      Latihan 4
-     Peserta didik tetap pada barisan 4 shaf
-     Melakukan jalan cepat dan estafet memutari cone
-     Berganti orang kedua
-     Sampai orang terakhir
·      Game
-     Seperti halnya pada latihan ke empat, akan tetapi jalan cepat ini dilakukan bersama-sama dengan kelompok dan di lombakan.
100 menit
Penutup
·      Melakukan pendinginan/ cooling down/ relaxasi
·      Membariskan dan menghitung siswa
·      Mengistirahatkan siswa (sambil duduk)
·      Melakukan evaluasi kegiatan yang baru dilakukan
·      Persiapan siswa untuk mengikuti pelajaran berikutnya
15 Menit

H.      Alat dan media pembelajaran :
-       Buku absensi/ penilaian
-       Peluit
-       Lapangan
-       Cone
-       Buku referensi, Buku Pegangan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas XI Kemendikbud
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.




I.         Penilaian
No
Aspek
Presentase
Nilai
Tes
1.
Psikomotor/
Ketrampilan
70 %
4
3
§  Tes perbuatan
§  Uji tes jalan cepat dengan teknik yang benar
2.
Afektif/ Akhlaq mulia

3
§  Sportif, disiplin dan bertanggungjawab
Jumlah Nilai Psikomotor + Afektif
10

3.
Kognitif/ Pengetahuan
30 %
10
§  Penugasan


Rekapitulasi Penilaian
No.
Nama Peserta didik
Aspek Penilaian
Jumlah Nilai akhir
Huruf
Psikomotor +Afektif (70%)
Kognitif
(30%)
1.





2.





dst





NIlai Rata-rata




 
Kriteria Penilaian :
No
Huruf
Angka
Keterangan
1
A
90 – 100
Sangat Baik
2
B
80 – 89
Baik
3
C
75 – 79
Cukup
4
D
< 75
Kurang

1 comment: